Rabu, 03 Desember 2008

REVIEW BAB 3

Bab 3

MODEL DAYA KOMPETITIF PORTER
Model yang paling luas penggunaannya untuk mengerti keunggulan kompetitif adalah model daya kompetitif (competititf force model) Michael Porter. Model ini menyidiakan pandangan umum terhadap perusahaan, pesaingnya dan lingkungan perusahaan. Model Porter seluruhnya adalah mengenai lingkungan lingkungan bisnis umum perusahaan.

Pesaing Tradisional
Seluruh perusahaan berbagai pangsa pasar dengan pesaing lainnya yang secara berkelanjutan menggunakan cara baru, yang lebih efisien untuk berproduksi dengan memperkenalkan produk dan jasa baru, dan mencoba untuk menarik pelanggan dengan mengembangkan merek dan mengenakan biaya perubahan kepada pelanggannya.

Pemain Baru di Pasar
Pada ekonomi bebas dengan sumber daya tenaga kerjadan keuangan yang dapat bergerak, perusahaan baru selalu memasuki pasar. Pada beberapa industri, terdapat halangan yang sangat rendah untuk memasuki pasar, di mana pada industri lainnya, memasuki pasar adalah sangat sulit. Perusahaan baru memiliki beberapa kemungkinan keuntungan: perusahaan tidak terkunci kepada pabrik dan peralatan lama, perusahaan sering kali memperkejakan karyawan yang lebih muda yang tidak terlalu mahal dan mungkin lebih inovatif, perusahaan tidak dibebani oleh nama merek yang telah tua, usang, dan “lebih lapar” (jauh lebih termotivasi) dari pada pemain tradisional pada industri. Keuntungan ini juga merupakan kelemahannya : perusahaan tergantung kepada pendanaan luar untuk pabrik dan peralatan baru, yang bisa jadi mahal; perusahaan memiliki angkatan kerja yang kurang berpengalaman; dan memiliki sedikit pengakuan merek.

Produk dan Jasa Pengganti
Hampir semua industri terdapat pengganti yang mungkin digunakan oleh pelanggan Anda jika harga anda menjadi terlalu tinggi. Teknologi baru menciptakan pengganti sepanjang waktu. Bahkan minyak memiliki pengganti; ethanol dapat mengganti bahan bakar untuk mobil; minyak nabati untuk bahan bakar diesel pada truk; dan angin, tenaga matahari, batu bara, dan tenaga air untuk menghasilkan listrik industri. Semakin banyak produk dan jasa pengganti pada industri Anda, semakin tidak mungkin Anda dapat mengendalikan penetapan harga dan semakin rendah, margin laba anda.

Pelanggan
Perusahaan yang untung bergantung kepada pengukuran besar atas kemampuannya menarik dan mempertahankan pelanggan (sambil menjauhkan pelanggan dari pesaing) dan membebankan harga yang tinggi. Kekuatan pada pelanggan berkembang jika mereka dapat dengan mudah berpinda kepada produk dan jasa pesaing, atau jika mereka dapat memaksa bisnis dan pesaingnya untuk bersaing hanya pada harga dipasar transparan dimana terdapat sedikit diverensiasi produk (product differentiation), dan seluruh harga dapat diketahui dengan cepat.

Pemasok
Kekuatan pasar pemasok dapat memiliki dampak penting pada keuntungan perusahaan, terutama jika perusahaan tidak dapat menaikkan harga sementara pemasok biasa. Semakin banyak pemasok berbeda yang dimiliki perusahaan, semakin besar kendali yang dapat dijalankan atas pemasok dalam bentuk harga, kualitas dan jadwal pengiriman.

Tidak ada komentar: