Rabu, 21 Januari 2009

REVIEW BAB 10 DAN BAB 11

Review Bab 10 dan Bab 11

Bab 10: E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital

Usaha-usaha bisnis berbasis Web dari major league Baseball menunjukkan mengapa e-commerce sangatlah penting. Internet telah memberikan napas beru kepada MLB, dengan menyediakan saluran online baru untuk mendapatkan pelanggan, produk dan layanan digital baru, dan perangkat pemasaran baru.
Pada umumnya e-commerce berarti transaksi yang terjadidalam Internet dan Web Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai ( misalnya uang ) melintasi batas-batas organisasi atau individu sebagai imbalan atas barang dan jasa.
Teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya lebih efektif daripada dalam suatu perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.
Konsep Utama Dalam E-Commerce :
Pasar Digital dan Barang Digital
Ketika komunikasi di batasi pada orang-orang yang berpindah sepanjang jalur yang menghubungkan desa-desa, biaya untuk mengumpulkan informasi akan sangat tinggi, dan pasar desa menyediakan tempat bisnis dan model bisnisnya. Internet sangat mengurangi biaya untuk mendapatkan dan mendistribusikan informasi, dan menciptakan sebuah pasar digital di mana jutaan orang dapat bertukar sejumlah besar informasi secara langsung, cepat, dan gratis. Sebagai hasilnya internet mengubah cara perusahaan menjalankan kegiatan bisnisnya.
Internet mengurangi asimetri ( ketimpangan ) informasi. ketimpangan informasi terjadi ketika salah satu pihak dalam sebuah transaksi memiliki banyak informasi yang penting tentang transaksi tersebut daripada pihak lainnya. Di pasar digital, konsumen dan pemasok dapat “ melihat” harga yang ditentukan untuk sebuah barang, dan dalam kondisi itu, bentuk pasar digital dikatakan lebih “tranparan” daripada pasar tradisional.
Pasar digital dapat mengurangi atau menambah biaya penggantian bergantung pada sifat produk atau layanan yang dijual, dan dapat menyebabkan penundaan kepuasan.

Barang Digital
Barang digital adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital. Musik, video, peranyi lunak, koran, majalah, dan buku semuanya dapat dinyatakan, disimpan, dikirim, dan dijual sebagai barang benar-benar digital. Saat ini, sebagian besar barang ini dijual dalam bentuk fisik, misalnya dalam bentuk CD, DVD, atau buku. Tetapi internet menawarkan kemungkinan pengiriman semua barang ini sesuai dengan pesanan sebagai barang digital.

JENIS-JENIS E-COMMERCE
E-commerce bisnis ke konsumen (B2C) melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan.
E-commerce bisnis ke bisnis (B2B) melibatkan penjualan produk dan layanan antar perusahaan.
E-commerce konsumen ke konsumen (C2C) melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen.


Bab 11
Mengelola Pengetahuan
BIDANG MANAJEMEN PENGETAHUAN
Sistem manajemen pengetahuan telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam investasi peranti lunak perusahaan dan pemerintahan. Untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan, perusahaan harus memanfaatkan lebih banyak lagi sumber daya untuk menemukan pola, aturan, dan konteks dimana pengetahuan tersebut berguna. Kebijakan adalah pemikiran perorangan atau kelompok dalam menerapkan pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah.
Pengetahuan yang terekam dalam pikiran karyawan dan belum terdokumentasikan disebut pengetahuan tersirat dan pengetahuan yang sudah di dokumentasikan disebut pengetahuan eksplisit. Pengetahuan dapat tersimpan dalam e-mail, voice mail, gambar, dan dokumen tak berstruktur atau terstruktur.
Melalui sekumpulan data, kegiatan terencana dengan pengukuran yang teliti, percobaan, dan masukan dari pelanggan maupun lingkungan sekitar, organisasi dapat mendapatkan pengalaman.

RANTAI NILAI MANAJEMEN PENGETAHUAN
Manajemen pengetahuan adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan, memindahkan, dan menerapkan pengetahuan.
Pemerolehan Pengetahuan
Organisasi memperoleh pengetahuan melalui beberapa cara, tergantung pada jenis pengetahuan yang dicarinya. Sistem manajemen pengetahuan yang pertama mencoba membangun pusat data yang berisi dokumen, laporan, persentasi, dan praktik-praktik terbaik. Sistem ini kemudian dikembangkan untuk menyertakan dokumen yang tidak terstruktur, seperti e-mail.

JENIS SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN
Sistem manajemen pengetahuan perusahaan adalah sistem serba guna yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan pengetahuan dan muatan digital. Sistem kerja pengetahuan adalah sistem yang dikembangkan khusus untuk para teknis, ilmuan, dan para pekerja dibidang pengetahuan lainnya yang bertugas memperoleh da menciptakan pengetahuan baru bagi perusahaan mereka.
Pusat penyimpanan pengetahuan adalah kumpulan pengetahuan internal dan eksternal yang berada dalam satu lokasi untuk efisiensi pengelolaanya dan penggunaannya. Sistem jaringan pengetahuan memberikan direktori online mengenai para pakar bidang-bidang tertentu diperusahaan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan dalam mencari pakar yang tepat.

Tidak ada komentar: