Rabu, 14 Januari 2009

Review Bab 12

Review Bab 12

PERENCANAAN SISTEM DAN PERKEMBANGAN

- Mempelajari Tujuan
Pada bab ini menjelaskan bahwa perencanaan dan pengembangan sistem informasi baru sangat komplek. Membutuhkan sistem perencanaan pembuat penyesuaian rencana strategis karena memiliki dampak yang besar pada IT model bisnis dan operasi.

-Langkah-langkah dalam Perencanaan Sistem Informasi :
Menciptakan sebuah perusahaan IT dan misi.
Artikulasi visi untuk TI dalam organisasi.
Menciptakan rencana strategis dan taktis.
Membuat rencana untuk operasi untuk mencapai visi dan misi.
Membuat anggaran untuk memastikan bahwa sumber daya yang tersedia untuk mencapai visi dan misi.

- Beberapa manfaat dari standarisai hasil :
Penghemat Biaya.
Bila organisasi memutuskan untuk membeli perangkat keras atau perangkat lunak yang sama nutuk semua unit, memiliki daya tawar yang lebih baik dan dengan demikian dapat memperoleh harga yang lebih rendah dari vendor.
Efisien Pelatihan.
Lebih mudah untuk melatih karyawan bagaimana menggunakan sebagian kecil dari berbagai perangkat lunak untuk melatih mereka cara menggunakannya.
Efisien Dukungan.
Standarizing untuk sejumlah model computer dan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan staf IT untukberspesialisasi dalam hardware dan software untuk mendukung mereka.
Perencanaan Pembangunan.
Pengembangan system umumnya dilakukan dengan dua pendekatan siklus hidup.


- Pengembangan Siklus Hidup

Pada bulan juli 2007 WestJet Airlines, di kanada merupakan penerbangan yang berbasis di Calgary, mengumumkan telah menarik sebuah proyek untuk mengembangkan system reservasi baru.

- Studi Kelayakan Ekonomi

Seperti proyek pembangunan yang baru harus dibenarkan secara eknomis, sehingga organisasi ekonomi dapat melakukan studi kelayakan. Jika nilai ROI positif, maka sistem ekonomi layak atau biayanya dibenarkan. Perlu diketahui bahwa selama ini sistem yang dikembangkan beberapa tahun tidak mendapat keuntungan kecuali biaya pembangunan.


- Persyaratan Sistem

Persyaratan sistem adalah fungsi bahwa sistem diterapkan untuk memenuhi melalui fitur-fitur yang akan melakukan tugasnya. Manajemen atau perusahaan konsultasi nominates pemimpin proyek yang bersama-sama menempatkan satu tim untuk mengembangkan system hingga siap untuk pengiriman.

-Pelaksanaan

Pelaksanaan yang baru disebut juga penyampaian. Terdiri dari dua langkah : konversi dan pelatihan. Konservasi terjadi bila suatu operasi beralih dari menggunakan sistem yang lama untuk menggunakan sistem baru.

- Konversi Paralel

Dalam konversi parakel, system lama yang digunakan bersama dengan system baru yang ditentukan untuk jangka waktu tertentu


Proyek Perencanaan dan Manajemen Alat

Beberapa alat meliputi perencanaan dan pengelolaan pembangunan system informasi. Dari IBM Rational Portofolio Manager adalah Perangkat lunak yang membantu organisasi rencana investasi dalam system baru, dan kemudian manager proyek merencanakan pengiriman.

-Integrasi System

Perusahaan harus sering bergelut dengan sangat distribusi, lingkungan heterogen diisi dengan aplikasi khusus untuk tugas-tugas, yang tidak dapat diaskes oleh system yang digunakan untuk tugas-tugas lainnya.
Integrasi sistem seringkali lebih menantang daripada sistem pembangunan. Misalnya, manager pemasaran dapat memiliki banyak informasi untuk pengambilan keputusan jika mereka memiliki akses yang mudah ke akuntansi dan data keuangan mereka sendiri melaui pemasaran IS. Sistem integrators juga harus cukup berpengalamam dalam masalah hardware dan software.

Tidak ada komentar: